makalah analisis pemasaran focallure oleh pt. FCL internasional Indonesia
Makalah
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN FOCALLURE OLEH PT. FCL Internasional Indonesia
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah sosial Media Strategies
Dosen Pembimbing : Elpa Hermawan,S.I.KOM,MM
Disusun oleh :
Shintia Trie Hidayanti / 44230259
MEDIA SOSIAL STRATEGIES
Program Studi Ilmu komunikasi
Fakultas komunikasi (Public Relation)
Universitas Bina Sarana Informatika
Depok
2024
BAB 1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Seperti produk kosmetik wanita yang telah lama hadir dikalangan para wanita yaitu salah satunya adalah FOCALLURE yang telah dikenal dengan merek kecantikannya . Begitu juga dengan brand yang satu ini, sejak awal sudah disambut banyak pecinta kosmetik di Indonesia. Focallure sendiri adalah produk milik Guangzhou Jizhi Trading Co.Ltd., perusahaan yang juga menyediakan produk OEM (Original Equipment Manufacturing) / ODM (Original Design Manufacturing).
Brand asal China ini, berdiri pada tahun 2014 dan berkembang di platform Aliexpress. Focallure memiliki bentuk kemasan yang sederhana namun indah di mata dan pemilihan warna yang tepat untuk dapat digunakan segala usia dan segala jenis kulit. Yang lebih menariknya, harga produknya sangat terjangkau namun memiliki kualitas yang tidak kalah dibanding brand kosmetik lainnya.
Focallure juga termasuk salah satu brand yang banyak diminati oleh kalangan wanita di Indonesia dari segala usia, mulai usia remaja hingga dewasa. Focallure merupakan kategori produk perawatan kesehatan kulit bagian luar wanita yang terus berlomba memenangkan persaingan pasar kosmetik dunia dengan terus melakukan inovasi produk dengan cara mengeluarkan berbagai jenis kosmetik kecantikan seperti lipstik, silky powder, blush on, mascara, eyeliner, eyeshadows, highlighter dan alat kosmetik seperti brushes dan beauty blender, guna memenuhi kebutuhan konsumen perempuan di Indonesia yang semakin meningkat. Oleh sebab itu konsumen perlu mengetahui faktor-faktor apa yang 3 mempengaruhi seorang wanita tertarik pada jenis kosmetik tertentu dan bisa merasa puas terhadap kosmetik yang digunakannya.
Seiring perkembangan zaman maka persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat. Dalam hal ini, industri kosmetik adalah salah satu industri yang memiliki pertumbuhan positif dan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan telah menarik banyak perhatian masyarakat khususnya wanita sehingga membuat para produsen berlomba lomba berinovasi menciptakan beragam produk baru. Industri kosmetik yang berkembang pesat di Indonesia tidak hanya kosmetik produksi dalam negeri saja namun ada juga kosmetik impor. Banyaknya ragam kosmetik yang hadir menciptakan peluang bagi para produsen untuk memasarkan produknya ke berbagai kota maupun negara.
1.2 Maksud dan tujuan
Agar mengetahui dalam penjualan dan pemasaran produk brand Cina Focallure dalam memasarkan di Indonesia dan media sosial apa saja yang dipakai dalam penawaran dan Promosi maupun Iklan produk Focallure.
-Tujuan
Menjelaskan bahwa profil perusahaan, produk kosmetik apa saja yang dijual dan menjelaskan berapa banyak penjualan dimedia sosial dalam penjualan produk focallure.
BAB 2
ANALISIS KASUS DAN PEMBAHASAN
2.1 Profil perusahaan
PT. FCL Internasional Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kosmetik dan merupakan perusahaan individu Focallure di Indonesia. Di dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan dibantu oleh para karyawanya. Setiap tahun akan diadakan evaluasi kepada karyawan untuk menentukkan karyawan berkinerja terbaik. Memerlukan waktu yang lama untuk mengolah data karena data evaluasi kinerja karyawan masih dievaluasi secara manual. Nilai tersebut dimasukkan ke dalam rumus penilaian kemudian dihitung menggunakan Microsoft Excel. Selain itu, pengolahan data kinerja karyawan yang tidak efektif adalah akibat dari ketidaktahuan general admin dengan teknologi informasi. Berdasarkan keadaan tersebut, peneliti menyarankan untuk mengembangkan sistem penunjang keputusan untuk membantu manajemen memilih karyawan terbaik. Tujuan Sistem Penunjang keputusan yaitu untuk membantu pihak PT. FCL Internasioanal Indonesia agar dapat memilih karyawan berkinerja terbaik yang akan direkomendasikan kepada General Manager, untuk membuat sebuah keputusan promosi dan kenaikan gaji. Metode SAW (Simple Additive Weighting) digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan preferensi untuk setiap penilaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan proses temuan analisis dengan modul cetak rekomendasi karyawan terpilih, maka General Manager dapat dengan mudah menentukan karyawan mana saja yang memiliki nilai akhir tertinggi dan kinerja yang baik untuk dipilih menjadi karyawan terbaik.
Seiring perkembangan zaman maka persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat. Dalam hal ini, industri kosmetik adalah salah satu industri yang memiliki pertumbuhan positif dan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan telah menarik banyak perhatian masyarakat khususnya wanita sehingga membuat para produsen berlomba lomba berinovasi menciptakan beragam produk baru. Industri kosmetik yang berkembang pesat di Indonesia tidak hanya kosmetik produksi dalam negeri saja namun ada juga kosmetik impor. Banyaknya ragam kosmetik yang hadir menciptakan peluang bagi para produsen untuk memasarkan produknya ke berbagai kota maupun negara.
2.2 Strategi Pemasaran di Sosial Media
Data Statista menunjukkan, jumlah pendapatan pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia hampir menyentuh angka US$6,9 miliar pada 2019. Tidak hanya sukses melalui penjualan offline, industri ini juga berkembang pesat dan sukses di pasar online. Dimana diprediksi 10 persen dari total pendapatan pasar kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia akan dihasilkan lewat penjualan online pada rentang waktu 2021 sampai dengan 2023. Hal ini menunjukkan minat masyarakat yang besar terhadap produk tersebut.
2.3 strategi pemasaran di Instagram
Nama Akun di Instagramnya Focallure Indonesia (@focallurebeautyid) , mempunyai following 258k banyaknya penggemar focallure dan banyaknya aktifitas influencer Focallure dan LEMON tidak takut menjalankan ratusan micro dalam satu campaign.588 influencer serentak dalam 1 bulan mengunggah 4 Instagram Stories dan 4 Instagram Feed yang terbagi untuk 2 produk, Focallure dan Pinkflash. Bersama dengan 588 influencer Focallure berkesempatan untuk bisa menggapai 17M++ total audiens yang akan terexpose oleh konten influencer.
-strategi pemasaran di Tiktok
Penggunaan video pendek sebagai kampanye pemasaran tengah banyak dicoba oleh para merek. Tidak terkecuali bagi merek produk kecantikan Focallure dan Pinkflash.
Keduanya membuktikan, campaign komersial melalui konten video pendek mampu memberi solusi pemasaran terpadu bagi brand-brand yang ingin beriklan maupun menjadi sponsor.
Lewat video pendek, keduanya berhasil menjangkau lebih banyak pengguna dan memperoleh lebih banyak exposure hingga 10x melebihi target. Pencapaian ini terjadi ketika menggelar campaign Ramadan ini di Tiktok
2.3 Metode Kampanye Perusahaan
Menggunakan hastag focallure #focalluremakeup #focallurebeauty #focallurelipstick #liptintviral #makeuptips #lipsmakeup dan Mengusung konsep “Proudly Prove Your Beauty to Unity in all Beauty” dengan mencintai diri sendiri dapat menimbulkan kebahagiaan bagi diri sendiri. Tak hanya itu, dengan mencintai diri sendiri, kita bisa mengeksplorasi keunikan dari dalam diri serta memancarkan aura dari dalam diri sebagai pendukung setiap aktivitas.
Self love juga sebagai pondasi untuk membantu pikiran kita menjadi lebih positif dalam kehidupan. Kita harus berani melawan standar kecantikan, percaya diri, dan berani berubah untuk menjadi lebih baik.
2.4 Analisis SWOT dan Evaluasi Keberhasilan
Analisis Strength : Brand asal China satu ini menawarkan berbagai macam produk kosmetik yang dibanderol murah dibandingkan merk drugstore lainnya. Merupakan brand yang bernaung di bawah Guangzhou Jizhi Trading Co.Ltd., Focallure punya mutu yang terbilang bagus dan tidak usah kamu ragukan lagi kualitasnya.
Analisis Weakness : Banyaknya produk kecantikan dari Cina yang mirip dengan Focallure dan harga lebih murah atau setara masuk ke Indonesia bahkan diluar Indonesia dengan berbagai banyak pilihan , produk ini juga belum menyeluruh dikenal di Indonesia terkhusus dengan adanya produk kecantikan di Indonesia yang sudah digunakan sejak lama.
Analisis Opportunity : Banyak mendapatkan ulasan positif dari blogger dan vlogger popular di Indonesia. Dibintangi oleh selebgram seperti Tasya Farasya ,Tasya Farasya pernah juga meriview produk focallure dan berhasil mencapai 3,031,925 views
Analisis Threat :
Adapun ancaman dari produk Focallure adalah Banyaknya produk impor yang lebih dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
Evaluasi Keberhasilan :
1. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian
2. Brand Image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.
3. Promosi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
4. Keputusan pembelian berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
5. Brand Image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui keputusan pembelian.
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Produk kecantikan yang baru diproduksi tahun 2014 yaitu Focallure merupakan Gebrakan baru atau Inovasi Baru bagi kaum hawa yang penyuka kosmetik , dimana menaikan penjualan dengan cara melalui media soial seperti Instagram maupun Tiktok menggunakan bentuk promosi yang dilakukan oleh beauty influencer dalam perspektif etika promosi produk focallure. Dengan metode kampanye perusahaan Menggunakan hastag focallure #focalluremakeup #focallurebeauty #focallurelipstick #liptintviral #makeuptips #lipsmakeup dan Mengusung konsep “Proudly Prove Your Beauty to Unity in all Beauty” dengan mencintai diri sendiri.
3.2 Saran
Mengingat Produk focallure adalah Brand Cina tidak menutupi kemungkinan berkurangnya kualitas kosmetik jika digunakan dalam wadah yang sembarangan atau tidak ramah lingkungan. Penjualan dalam metode media strategis merupakan Langkah awal dalam penjualan produk kosmetik ini. Tidak sembarangan orang memilih produk kosmetik yang baru berkarir dan pasti banyak pesaing yang jauh lebih terkenal dari brand yang besar, maka dari itu harus lebih gencar memproduksi kosmetik focallure dan harus diperhatikan jika ada barang kosmetik yang mirip dengan focallure alias memalsukan kosmetik dari produk Aslinya. Diharapkan juga focallure memperbanyak promosi selain produk-produk eyeshadow palatte dimana setiap konsumen juga membutuhkan produk kecantikan lainnya melalui media sosial seperti iklan di youtube maupun marketplace di facebook maupun di situs-situs e-comerce.
Daftar Pustaka
https://www.marketeers.com/focallure-dan-pinkflash-raih-10x-target-exposure-lewat-video-pendek/
https://lemon.co.id/articles/focallure-dan-pinkflash-influencer-activation/
https://www.beautynesia.id/beauty/unity-in-all-beauty-focallure-ajak-perempuan-indonesia-rayakan-kecantikan-dari-dalam-dan-luar-diri/b-285576/2
https://swa.co.id/read/235133/produk-kecantikan-focallure-dukung-penampilan-perempuan-indonesia
https://www.coursehero.com/file/49674409/ANALISIS-SWOTdocx/
Comments
Post a Comment