ANALISIS STRATEGI PEMASARAN FOCALLURE OLEH PT. FCL Internasional Indonesia
Makalah
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN FOCALLURE OLEH PT. FCL
Internasional Indonesia
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah sosial Media Strategies
Dosen Pembimbing : Elpa
Hermawan,S.I.KOM,MM
Disusun
oleh :
Nama :
Shintia Trie Hidayanti 44230259
NIM :
44230259
MEDIA
SOSIAL STRATEGIES
Program
Studi Ilmu komunikasi
Fakultas
komunikasi (Public Relation)
Universitas
Bina Sarana Informatika
Depok
2024
BAB
1
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Seperti
produk kosmetik wanita yang telah lama hadir dikalangan para wanita yaitu salah
satunya adalah FOCALLURE yang telah dikenal dengan merek kecantikannya . Begitu
juga dengan brand yang satu ini, sejak awal sudah disambut banyak pecinta
kosmetik di Indonesia. Focallure sendiri adalah produk milik Guangzhou Jizhi
Trading Co.Ltd., perusahaan yang juga menyediakan produk OEM (Original
Equipment Manufacturing) / ODM (Original Design Manufacturing).
Brand asal
China ini, berdiri pada tahun 2014 dan berkembang di platform Aliexpress. Focallure
memiliki bentuk kemasan yang sederhana namun indah di mata dan pemilihan warna yang tepat untuk dapat digunakan segala
usia dan segala jenis kulit. Yang lebih menariknya, harga produknya sangat
terjangkau namun memiliki kualitas yang tidak kalah dibanding brand kosmetik
lainnya.
Focallure
juga termasuk salah satu brand yang banyak diminati oleh kalangan wanita di
Indonesia dari segala usia, mulai usia remaja hingga dewasa. Focallure
merupakan kategori produk perawatan kesehatan kulit bagian luar wanita yang
terus berlomba memenangkan persaingan pasar kosmetik dunia dengan terus
melakukan inovasi produk dengan cara mengeluarkan berbagai jenis kosmetik
kecantikan seperti lipstik, silky powder, blush on, mascara, eyeliner,
eyeshadows, highlighter dan alat kosmetik seperti brushes dan beauty blender,
guna memenuhi kebutuhan konsumen perempuan di Indonesia yang semakin meningkat.
Oleh sebab itu konsumen perlu mengetahui faktor-faktor apa yang 3 mempengaruhi
seorang wanita tertarik pada jenis kosmetik tertentu dan bisa merasa puas
terhadap kosmetik yang digunakannya.
Seiring
perkembangan zaman maka persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat. Dalam
hal ini, industri kosmetik adalah salah satu industri yang memiliki pertumbuhan
positif dan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan
telah menarik banyak perhatian masyarakat khususnya wanita sehingga membuat
para produsen berlomba lomba berinovasi menciptakan beragam produk baru. Industri kosmetik yang berkembang pesat di
Indonesia tidak hanya kosmetik produksi dalam negeri saja namun ada juga
kosmetik impor. Banyaknya ragam kosmetik yang hadir menciptakan peluang bagi
para produsen untuk memasarkan produknya ke berbagai kota maupun negara.
1.2 Maksud
dan tujuan
Agar
mengetahui dalam penjualan dan pemasaran produk brand Cina Focallure dalam
memasarkan di Indonesia dan media sosial apa saja yang dipakai dalam penawaran
dan Promosi maupun Iklan produk Focallure.
-Tujuan
Menjelaskan
bahwa profil perusahaan, produk kosmetik apa saja yang dijual dan menjelaskan
berapa banyak penjualan dimedia sosial dalam penjualan produk focallure.
BAB 2
ANALISIS KASUS DAN
PEMBAHASAN
2.1
Profil perusahaan
PT. FCL
Internasional Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kosmetik
dan merupakan perusahaan individu Focallure di Indonesia. Di dalam menjalankan
bisnisnya, perusahaan dibantu oleh para karyawanya. Setiap tahun akan diadakan
evaluasi kepada karyawan untuk menentukkan karyawan berkinerja terbaik.
Memerlukan waktu yang lama untuk mengolah data karena data evaluasi kinerja
karyawan masih dievaluasi secara manual. Nilai tersebut dimasukkan ke dalam
rumus penilaian kemudian dihitung menggunakan Microsoft Excel. Selain itu,
pengolahan data kinerja karyawan yang tidak efektif adalah akibat dari
ketidaktahuan general admin dengan teknologi informasi. Berdasarkan keadaan
tersebut, peneliti menyarankan untuk mengembangkan sistem penunjang keputusan
untuk membantu manajemen memilih karyawan terbaik. Tujuan Sistem Penunjang keputusan
yaitu untuk membantu pihak PT. FCL Internasioanal Indonesia agar dapat memilih
karyawan berkinerja terbaik yang akan direkomendasikan kepada General Manager,
untuk membuat sebuah keputusan promosi dan kenaikan gaji. Metode SAW (Simple
Additive Weighting) digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan preferensi
untuk setiap penilaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan
proses temuan analisis dengan modul cetak rekomendasi karyawan terpilih, maka
General Manager dapat dengan mudah menentukan karyawan mana saja yang memiliki
nilai akhir tertinggi dan kinerja yang baik untuk dipilih menjadi karyawan
terbaik.
Seiring
perkembangan zaman maka persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat. Dalam
hal ini, industri kosmetik adalah salah satu industri yang memiliki pertumbuhan
positif dan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan
telah menarik banyak perhatian masyarakat khususnya wanita sehingga membuat
para produsen berlomba lomba berinovasi menciptakan beragam produk baru. Industri kosmetik yang berkembang pesat di
Indonesia tidak hanya kosmetik produksi dalam negeri saja namun ada juga
kosmetik impor. Banyaknya ragam kosmetik yang hadir menciptakan peluang bagi
para produsen untuk memasarkan produknya ke berbagai kota maupun negara.
2.2 Strategi Pemasaran di Sosial Media
Data
Statista menunjukkan, jumlah pendapatan pasar kecantikan dan perawatan tubuh di
Indonesia hampir menyentuh angka US$6,9 miliar pada 2019. Tidak hanya sukses
melalui penjualan offline, industri ini juga berkembang pesat dan sukses di
pasar online. Dimana diprediksi 10 persen dari total pendapatan pasar
kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia akan dihasilkan lewat penjualan
online pada rentang waktu 2021 sampai dengan 2023. Hal ini menunjukkan minat
masyarakat yang besar terhadap produk tersebut.
2.3 strategi pemasaran di Instagram
Nama Akun
di Instagramnya Focallure Indonesia (@focallurebeautyid) , mempunyai following 258k banyaknya
penggemar focallure dan banyaknya aktifitas influencer Focallure dan LEMON
tidak takut menjalankan ratusan micro dalam satu campaign.588 influencer
serentak dalam 1 bulan mengunggah 4 Instagram Stories dan 4 Instagram Feed yang
terbagi untuk 2 produk, Focallure dan Pinkflash. Bersama dengan 588 influencer
Focallure berkesempatan untuk bisa menggapai 17M++ total audiens yang akan
terexpose oleh konten influencer.
-strategi pemasaran di Tiktok
Penggunaan
video pendek sebagai kampanye pemasaran tengah banyak dicoba oleh para merek.
Tidak terkecuali bagi merek produk kecantikan Focallure dan Pinkflash.
Keduanya
membuktikan, campaign komersial melalui konten video pendek mampu memberi
solusi pemasaran terpadu bagi brand-brand yang ingin beriklan maupun menjadi
sponsor.
Lewat
video pendek, keduanya berhasil menjangkau lebih banyak pengguna dan memperoleh
lebih banyak exposure hingga 10x melebihi target. Pencapaian ini terjadi ketika
menggelar campaign Ramadan ini di Tiktok
2.3 Metode Kampanye Perusahaan
Menggunakan hastag focallure #focalluremakeup
#focallurebeauty #focallurelipstick #liptintviral #makeuptips #lipsmakeup dan Mengusung konsep “Proudly Prove Your
Beauty to Unity in all Beauty” dengan mencintai diri sendiri dapat menimbulkan
kebahagiaan bagi diri sendiri. Tak hanya itu, dengan mencintai diri sendiri,
kita bisa mengeksplorasi keunikan dari dalam diri serta memancarkan aura dari
dalam diri sebagai pendukung setiap aktivitas.
Self love juga sebagai pondasi untuk
membantu pikiran kita menjadi lebih positif dalam kehidupan. Kita harus berani
melawan standar kecantikan, percaya diri, dan berani berubah untuk menjadi
lebih baik.
2.4 Analisis SWOT dan Evaluasi
Keberhasilan
Analisis
Strength : Brand asal China satu ini
menawarkan berbagai macam produk kosmetik yang dibanderol murah dibandingkan
merk drugstore lainnya. Merupakan brand yang bernaung di bawah Guangzhou Jizhi
Trading Co.Ltd., Focallure punya mutu yang terbilang bagus dan tidak usah kamu
ragukan lagi kualitasnya.
Analisis Weakness : Banyaknya produk kecantikan dari Cina yang
mirip dengan Focallure dan harga lebih
murah atau setara masuk ke Indonesia bahkan diluar Indonesia dengan berbagai
banyak pilihan , produk ini juga belum menyeluruh dikenal di Indonesia terkhusus
dengan adanya produk kecantikan di Indonesia yang sudah digunakan sejak lama.
Analisis Opportunity
: Banyak mendapatkan
ulasan positif dari blogger dan vlogger popular di Indonesia. Dibintangi oleh
selebgram seperti Tasya Farasya ,Tasya Farasya pernah juga meriview produk
focallure dan berhasil mencapai 3,031,925 views
Analisis Threat :
Adapun ancaman dari produk Focallure adalah Banyaknya
produk impor yang lebih dipercaya oleh masyarakat Indonesia.
Evaluasi Keberhasilan :
1.
Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian
2.
Brand Image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.
3.
Promosi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
4.
Keputusan pembelian berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen
5.
Brand Image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
melalui keputusan pembelian.
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Produk kecantikan yang baru
diproduksi tahun 2014 yaitu Focallure merupakan Gebrakan baru atau Inovasi Baru
bagi kaum hawa yang penyuka kosmetik , dimana menaikan penjualan dengan cara
melalui media soial seperti Instagram maupun Tiktok menggunakan bentuk promosi
yang dilakukan oleh beauty influencer dalam perspektif etika promosi produk
focallure. Dengan metode kampanye perusahaan Menggunakan hastag focallure
#focalluremakeup #focallurebeauty #focallurelipstick #liptintviral #makeuptips
#lipsmakeup dan Mengusung
konsep “Proudly Prove Your Beauty to Unity in all Beauty” dengan mencintai diri
sendiri.
3.2 Saran
Mengingat Produk focallure adalah
Brand Cina tidak menutupi kemungkinan berkurangnya kualitas kosmetik jika digunakan
dalam wadah yang sembarangan atau tidak ramah lingkungan. Penjualan dalam
metode media strategis merupakan Langkah awal dalam penjualan produk kosmetik
ini. Tidak sembarangan orang memilih produk kosmetik yang baru berkarir dan
pasti banyak pesaing yang jauh lebih terkenal dari brand yang besar, maka dari
itu harus lebih gencar memproduksi kosmetik focallure dan harus diperhatikan
jika ada barang kosmetik yang mirip dengan focallure alias memalsukan kosmetik
dari produk Aslinya. Diharapkan juga focallure memperbanyak promosi selain
produk-produk eyeshadow palatte dimana setiap konsumen juga membutuhkan produk
kecantikan lainnya melalui media sosial seperti iklan di youtube maupun
marketplace di facebook maupun di situs-situs e-comerce.
Daftar
Pustaka
https://www.marketeers.com/focallure-dan-pinkflash-raih-10x-target-exposure-lewat-video-pendek/
https://lemon.co.id/articles/focallure-dan-pinkflash-influencer-activation/
https://www.beautynesia.id/beauty/unity-in-all-beauty-focallure-ajak-perempuan-indonesia-rayakan-kecantikan-dari-dalam-dan-luar-diri/b-285576/2
https://swa.co.id/read/235133/produk-kecantikan-focallure-dukung-penampilan-perempuan-indonesia
https://www.coursehero.com/file/49674409/ANALISIS-SWOTdocx/





Comments
Post a Comment